Pada buku ini, kami mempresentasikan hasil penelitian kami tentang pengembangan LKS matematika berbasis literasi numerasi bagi siswa di tingkat SD/MI. Model pengembangan yang kami gunakan dalam mengembangkan LKS yang kami susun adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). LKS matematika berbasis literasi numerasi ini telah diujicobakan pada siswa kelas V di tiga sekolah pada tiga provinsi berbeda. Ketiga sekolah tersebut, antara lain SD IT Salman Al Farisi 1 Yogyakarta (DI Yogyakarta), MI Muhammadiyah Bontoboddia Gowa (Sulawesi Selatan), dan MIT Al-Anshor Ambon (Maluku). Setelah melalui dua kali proses validasi, LKS matematika berbasis literasi numerasi yang dikembangkan dinilai ‘sangat layak’, baik dari segi materi maupun segi bahasa. Untuk penilaian angket motivasi siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan LKS matematika berbasis literasi numerasi, dari 10 item pertanyaan pada angket, 8 item dikategorikan ‘sangat praktis’ sedangkan 2 item lainnya dikategorikan ‘praktis’. Hasil pelaksanaan tes siswa setelah melakukan pembelajaran dengan menggunakan LKS matematika berbasis literasi numerasi, diperoleh 100% siswa kelas V SD IT Salman Al Farisi 1 Yogyakarta, 84,74% siswa kelas V MI Muhammadiyah Bontoboddia Gowa, dan 80% siswa kelas V MIT Al-Anshor Ambon, dinyatakan tuntas. Secara keseluruhan 91,94% siswa kelas V dari ketiga sekolah, yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan LKS matematika berbasis literasi numerasi dinyatakan ‘tuntas’.